Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu Libur
Beranda » Artikel Terbaru » Apa itu SGOT dan SGPT ?

Apa itu SGOT dan SGPT ?

Diposting pada 13 October 2018 oleh resellerbsc

Apa itu SGOT dan SGPT ?

Apa pula hub lever dan Apple stemcell ?

Fungsi hati manusia yang sangat banyak bisa mengalami gangguan karena beberapa alasan. Ada sebuah tes yaitu tes darah hati yang bisa menunjukkan apakah fungsi hati Anda terganggu atau tidak. Apabila pada tes darah hati menunjukkan hasil SGOT SGPT tinggi maka hal tersebut menandakan fungsi hati Anda terganggu.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui tentang apa itu SGOT dan SGPT, nilai normal untuk SGOT dan SGPT, mengapa SGOT SGPT tinggi, dan cara menurunkan nilai SGOT dan SGPT. Hasil SGOT dan SGPT yang tinggi juga mengindikasikan beberapa kondisi medis. Simak semua penjelasannya melalui informasi di bawah ini.

Apa itu SGOT dan SGPT?

SGOT dan SGPT merupakan sebuah tes darah hati yang berguna untuk menunjukkan keadaan fungsi hati. SGOT adalah singkatan dari serum glutamat oksaloasetat transaminase. Istilah lain untuk SGOT adalah AST yang merupakan singkatan dari aspartat aminotransferase

Kepanjangan dari SGPT adalah serum glutamic pyruvic transaminase. Nama lainnya adalah alanine aminotransferase (ALT). Baik SGOT maupun SGPT, keduanya merupakan enzim-enzim yang diproduksi oleh hati. Lalu, di manakah letak kedua enzim hati ini?

Letak SGOT dan SGPT yang normal

SGOT biasanya ada di berbagai jaringan organ tubuh seperti pada hati, jantung, ginjal, otak, dan otot. SGOT akan terlepas apabila ada jaringan dari organ-organ tersebut yang rusak. Oleh karena itu, kadar SGOT yang tinggi tidak hanya bisa mengindikasikan kerusakan hati melainkan juga bisa mengindikasikan kerusakan jantung, otot, dan lainnya.

Tidak seperti SGOT, sebagian besar SGPT ditemukan terletak di dalam hati. SGPT akan keluar ke dalam aliran darah apabila ada kerusakan pada hati. Oleh karena itu, hasil dari SGPT lebih pasti mengindikasikan adanya gangguan pada hati.

Kadar normal SGOT dan SGPT

Berapakah kadar normal dari nilai SGOT dan SGPT? Informasi ini penting untuk Anda ketahui sehingga Anda bisa melihat apakah nilai dari hasil SGOT SGPT tinggi atau tidak. Berikut ini adalah kadar normal untuk nilai SGOT dan SGPT:

SGOT: 5-45 unit per liter serumSGPT: 7-56 unit per liter serum

Nila tersebut memang tidak pasti. Hal ini dikarenakan batasan kadar normal SGOT dan SGPT juga ditentukan oleh jenis kelamin. Pada lelaki, biasanya batas normal SGOT lebih tinggi daripada wanita. Selain itu, kisaran normal SGOT dan SGPT bisa jadi berbeda dengan sumber yang lain. Hal ini dikarenakan teknik dan protokol yang dipakai berbeda.

Apa artinya bila SGOT SGPT tinggi?

Nilai dari SGOT dan SGPT merupakan suatu tes darah hati yang bisa digunakan untuk mendeteksi adanya kerusakan atau gangguan pada hati. Nilai SGOT SGPT tinggi bisa jadi mengindikasikan salah satu atau berbagai masalah pada hati. Akan tetapi, nilai dari SGOT dan SGPT yang tinggi tidak selalu mengindikasikan adanya masalah hati.

Berbagai kondisi medis selain gangguan hati juga bisa dilihat melalui nilai SGOT dan nilai SGPT. Contohnya, cidera otot atau serangan jantung juga bisa ditunjukkan melalui nilai SGOT dan SGPT yang tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya tes darah hati yaitu SGOT dan SPGT dilakukan oleh dokter yang berpengalaman untuk menafsirkan hasil dari SGOT dan SGPT secara tepat. Dokter tersebut seharusnya sudah memiliki pengalaman untuk mengevaluasi penyakit hati dan penyakit pada organ lainnya yang terkait dengan hasil tes SGOT dan SGPT.

Apabila SGOT SGPT normal maka hal itu juga tidak bisa menjamin bahwa Anda aman dari penyakit hati. Nilai SGOT dan SGPT yang rendah bisa jadi disebabkan oleh alasan lain. Nilai normal dari SGOT SGPT bisa juga terlihat pada penderita penyakit hati kronis.

Mengapa nilai SGOT SGPT tinggi?

Nilai SGOT SGPT tinggi biasanya mengartikan bahwa hati atau organ lain yang terdapat SGOT dan SGPT memiliki kerusakan tertentu. Selain hati, organ seperti jantung, ginjal, otak, dan otot juga bisa dilihat kerusakannya melalui tes darah hati SGOT dan SGPT.

Berikut ini adalah beberapa contoh alasan mengapa nilai SGOT SGPT tinggi:

penyakit ototkeracunan jamurmenderita penyakit hepatitis A, B, Cmenderita penyakit autoimun terkait hatimenderita fatty liver (hati berlemak)gangguan pada sistem peredaran darahmemiliki trauma atau cidera di area hatiadanya infeksi oleh bakteri atau virushepatitis toksik akibat racun, obat, dan bahan kimia tertentuhemolisis pada wanita hamilmenderita gagal ginjalmenderita gagal jantungadanya penyakit empedupenyakit kanker hati.

Gambar mungkin berisi: teks
Tidak ada teks alternatif otomatis yang tersedia.
Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum
Gambar mungkin berisi: telepon
Gambar mungkin berisi: teks
Nah Apple stemcell ini akan sangat membantu pemulihan lever kita..

Bagi yg mau memperhatikan kesehatan
bisa kontak ke

WA / CALL : 085 880 085 777

bisa juga KLIK DI SINI atau Klik di sini

artikel by Bpk Budi Kristianto

Bagikan informasi tentang Apa itu SGOT dan SGPT ? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa itu SGOT dan SGPT ? | Reseller Biogreen Science

Belum ada komentar untuk Apa itu SGOT dan SGPT ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan